Menulis untuk Media Massa

Media massa adalah salah satu wahana untuk mempublikasikan tulisan-tulisan kita. Nah, pertanyaannya sekarang. Bagaimana caranya supaya tulisan kita di muat pada salah satu media yang ingin kita tuju? Dibawah ini akan saya jelaskan sedikit teknik untuk menembus sebuah media massa, hal ini berdasarkan sedikit pengalaman saya.

Hal pokok dalam pengiriman tulisan pada sebuah media yaitu, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kriteria tulisan yang diinginkan oleh media tersebut. Hal ini dikarenakan media di Indonesia kebanyakan hanya meloloskan sebuah tulisan jika menurut media itu bagus (saya menyebutnya politik media). Misalnya, bersifat kedaerahan atau nasional, khusus remaja atau khalayak umum, gaya bahasa yang bagaimana, penulis besarkah dia? dan masih banyak lagi.

Hal ini memang sering berbenturan dengan seorang penulis. Perbedaan gaya seorang penulis dengan kriteria sebuah media memang tak dapat dihindarkan. tapi Jika anda seorang penulis seperti halnya bunglon. Hal ini tidak menjadi masalah. Namun bagaimana jika kita telah memiliki gaya tersendiri? Seperti saya misalnya? ‘hehe” Apakah selamanya tulisan kita tidak akan pernah di muat di suatu media?

Saya tidak memaksa anda menjadi bunglon. Terus sajalah berkarya, karena media bukan menjadi jaminan kita, menjadi penulis besar. Saran saya cobalah cari media yang cocok dengan gaya anda/keinginan anda. Karena jika anda terus memaksakan, hanya sakit hati yang anda dapatkan. Tapi perlu diketahui bahwa di Indonesia ada juga media besar yang begitu terbuka kepada semua kalangan penulis. Kita doakan saja supaya media ini selalu memegang semua haluan.

Mitos bahwa “koran besar hanya bisa di tembus penulis besar”. Mungkin ada benarnya juga. Saya juga merasakan hal ini. tapi jika anda berhenti untuk berkarya. Kapan anda menjadi penulis besar? Karena saya percaya “Sukses pada waktunya” asalkan saudara terus berusaha.

Salam Penulis

Related Posts:

0 Response to "Menulis untuk Media Massa"

Post a Comment