Perkembangan Bisnis Online Indonesia

Banyak yang mungkin bisa kita ceritakan tentang pengalaman kita mengikuti bisnis online, khusunya di Indonesia. ada yang merasa tertipu, karena bisnis yang di ikuti ternyata “scam” atau penipuan. ada juga yang merasa diuntungkan, karena bisnis tersebut mampu memberikan penghasilan yang secara rutin menambah pundi-pundi keuangannya.

Berbicara tentang Bisnis on-line, hal ini tidak asing lagi di telinga kita, khususnya bagi para blogger ataupun orang-orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dunia maya. berbagai macam bisnis online telah banyak tersebar di dunia maya. Perkembangan bisnis Online di Indonesia begitu menjamur, sampai-sampai kita sebagai Blogger atau pecinta dunia maya, sulit memilih, apakah bisnis tersebut benar-benar membayar atau tidak.

Saya pernah mengikuti babarapa bisnis online di dunia maya, diantaranya ada yang benar-benar membayar, dan ada yang penipuan. Misalnya webnya yang tidak bisa di kunjungi lagi “bagai hilang di telan bumi. Ada juga yang tidak membayar, padahal komisi yang sudah kita dapatkan sudah mencapai batas komisi yang di tentukan. Yang paling menggelikan lagi, ketika saya bergabung dengan sebuah bisnis online, kemudian saya mendaftar lagi melalui link refferal saya dengan e-mail yang berbeda, tidak adanya pemberitahuan kepada saya, jika ada seorang prospek baru telah ikut bergabung. Hal tersebut diataslah yang menjadikan saya merasa skeptis untuk mengikuti bisnis-bisnis online, di dunia maya.

Namun jika ditelusuri kembali, sebenarnya bisnis online mampu menjadi tempat Usaha “membuka lowongan pekerjaan” jika, bisnis on-line di Indonesia terbuka, transparan dan jujur terhadap member yang telah ikut untuk bergabung. Jika hal demikian sudah dijalankan, bisnis online dapat menjadi harapan dan cita-cita kemandirian bangsa kedepannya. Hal ini dapat berdampak untuk mengurangi pengangguran di negri ini.

Harapan saya sebagai blogger, sudah sepantasnya pembuat bisnis online memegang prinsip kejujuran dan ketranfaranan yang jelas. Misalnya sistim yang jelas, alamat si pembuat bisnis tersebut, no HP yang bisa di hubungi, profil perusahaan/profil pribadi, kelegalitasan, domain dan hosting minimal 3 tahun ke depanya dan tujuan si pembuat bisnis tersebut benar-benar ingin meningkatkan penghasilan membernya, bukan sekadar memperkaya diri sendiri.

Penulis: Ferdinaen Saragih

Related Posts:

3 Responses to "Perkembangan Bisnis Online Indonesia"

  1. iya Mas Bro.. ada beberapa Penyedia bisnis online yg tidaka membayar, saya sudah mengalaminya.. ckckckck

    ReplyDelete
  2. bisnis online bisa dijadikan usaha..tapi kita tetap harus hati hati dan waspada..kita harus mampu memilih dan memilah..

    ReplyDelete
  3. hmm..
    iya sih, tapi lebih banyak yang ga trensparan ya gan.
    makanya terkadang takut juga ikut2 bisnis seperti MLM gitu di internet.

    ReplyDelete